Produk Tembakau ini Bisa jadi Alternatif untuk Berhenti Merokok

Produk Tembakau ini Bisa jadi Alternatif untuk Berhenti Merokok
Rokok dan asbak. Foto/ilustrasi: Ayatollah Antoni/JPNN.Com

jpnn.com - Produk tembakau yang dipanaskan bisa menjadi salah satu alternatif untuk membantu perokok dewasa berhenti. 

Peneliti Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik (YPKP) Amaliya menjelaskan cara kerja pada produk tembakau yang dipanaskan tidak melalui proses pembakaran. 

Meski tetap memiliki risiko, namun masih jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan rokok.  

Batang tembakau asli, yang merupakan bahan bakunya, dimasukkan ke dalam perangkat lalu dipanaskan. Karena prosesnya adalah pemanasan, maka yang dihasilkan adalah uap, bukan asap. 

“Jika mengedepankan data, produk ini lebih rendah risiko dibandingkan rokok yang dibakar. Memang tidak 100 persen bebas risiko kesehatan, namun produk ini bisa menjadi alternatif bagi perokok dewasa yang masih ingin mendapatkan akses mengonsumsi nikotin melalui produk yang menyerupai rokok,” katanya.

Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian yang dilakukan Institut Federal Jerman untuk Penilaian Risiko (German Federal Institute for Risk Assessment) pada 2018 lalu. 

Hasil riset itu menyatakan produk tembakau yang dipanaskan memiliki tingkat toksisitas (tingkat merusak suatu sel) yang lebih rendah hingga 80-99 persen daripada rokok.

Hasil penelitian dari UK Committee on Toxicology (COT), bagian dari Food Standards Agency, juga menunjukkan kesimpulan yang positif bagi produk tembakau yang dipanaskan. 

Produk ini bisa menjadi alternatif bagi perokok dewasa yang masih ingin mendapatkan akses mengonsumsi nikotin melalui produk yang menyerupai rokok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News