Produksi Kodakchrome Distop

Produksi Kodakchrome Distop
Foto : AP
NEW YORK-Paul Simon serasa baru kemarin mendendangkan, "Mama Don"t Take My Kodachrome Away." Kini, 36 tahun setelah lagu itu pertama kali dipopulerkan, "ketakutan" personel duo Simon and Garfunkel itu terjadi. Kodachrome benar-benar lenyap.

Tapi tentu bukan ibunda Paul Simon yang mengeyahkannya. Melainkan sang produsen film kamera itu, Eastman Kodak co. Gencetan era digital membuat Eastman Kodak tak bisa berbuat banyak selain harus menghentikan produksi rol film legendaris yang telah 74 tahun berada di pasaran tersebut.

Sebab, secara bisnis, Kodachrome, film yang digemari fotografer amatir dan profesional dari generasi ke generasi, sudah tak menguntungkan lagi. Seperti dilansir The Times, penjualannya hanya mencapai satu persen dari total penjualan Kodak.

"Sebuah keputusan sulit untuk menariknya. Dia (Kodachrome) mencatat banyak sejarah. Tapi, mayoritas fotografer saat ini menginginkan gambar dengan teknologi terbaru, baik film maupun digital," ujar Mary Jane Hellyar, presiden Kodak untuk divisi film, photofinishing and entertainment, kepada The Times.

NEW YORK-Paul Simon serasa baru kemarin mendendangkan, "Mama Don"t Take My Kodachrome Away." Kini, 36 tahun setelah lagu itu pertama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News