Produksi Melorot, Laba KS Naik Tipis

Produksi Melorot, Laba KS Naik Tipis
Produksi Melorot, Laba KS Naik Tipis
JAKARTA - Kapasitas produksi PT Krakatau Steel Tbk (KS) turun cukup signifikan. Meski begitu, laba bersih perusahaan baja pelat merah itu pada kuartal ketiga tahun ini meningkat tipis tertolong kenaikan harga jual. Merujuk laporan perseroan, utilisasi produksi pabrik drop dari 94 persen dari tahun lalu menjadi 72 persen tahun ini.

Produksi baja canai panas (HRC) pada kuartal ketiga 2011 lebih rendah 7,4 persen menjadi 1,299,224 ton dibandingkan periode sama tahun lalu 1,403,600 ton. Produksi sponge iron dan slab steel juga terkoreksi 2,3 persen menjadi 918.658 ton dibandingkan periode yang sama tahun lalu 940.007 ton.

Begitu pula produksi slab yang turun 12,4 persen menjadi 746.935 ton dibandingkan periode yang sama tahun lalu 852.669 ton. Penurunan dilaporkan akibat rendahnya supply gas dari Pertamina dan PGN. Emiten dengan kode perdagangan KRAS itu menganggap penurunan produksi slab sejalan dengan strategi perseroan untuk meningkatkan profit.

      

Direktur Keuangan KS Sukandar mengatakan penurunan utilisasi pabrik terjadi karena ada plant revamping pada kuartal pertama 2011 untuk menaikkan kapasitas hot strip mill dari 2 juta ke 2,4 juta ton per tahun. "Saat ini sudah done. KS tidak punya cukup produksi selama masa tersebut," ujarnya kepada Jawa Pos kemarin.

      

JAKARTA - Kapasitas produksi PT Krakatau Steel Tbk (KS) turun cukup signifikan. Meski begitu, laba bersih perusahaan baja pelat merah itu pada kuartal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News