Produksi Tanaman Pangan Diharapkan Meningkat

Produksi Tanaman Pangan Diharapkan Meningkat
Produksi Tanaman Pangan Diharapkan Meningkat
JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Suswono menyatakan akan memprioritaskan programnya pada pengembangan sektor pertanian dan ketahanan pangan. Hal itu menurutnya, antara lain dengan adanya sasaran pertumbuhan produksi tujuh komoditas utama tanaman pangan tahun 2010-2014, sebesar 3,22 persen hingga 20,05 persen.

Suswono menjelaskan, ketujuh tanaman pangan utama tersebut antara lain adalah padi, jagung, kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu, serta ubi jalar. Diharapkan katanya, setiap tahunnya nanti tanaman-tanaman itu bisa mengalami peningkatan jumlah produksi.

"Nantinya hingga tahun 2014, rata-rata pertumbuhannya (diharapkan) mencapai angka antara 3-20 persen, sehingga kondisi pangan di masyarakat tetap aman," tambahnya, saat pemaparan dalam rapat kerja (raker) dengan Komisi VI DPR RI, Kamis (25/2), di Senayan, Jakarta.

Lebih lanjut dikatakan Suswono, untuk tanaman pangan kedelai sendiri, diharapkan akan mencapai angka pertumbuhan 20,08 persen pada tahun 2010, sementara untuk kacang tanah diharapkan tumbuh mencapai 10,20 persen. Sedangkan untuk tanaman padi, di tahun 2010 ini sasaran produksinya bisa mencapai 68.680 ribu ton, dengan sasaran di tahun 2014 mampu mencapai 76.700 ribu ton.

JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Suswono menyatakan akan memprioritaskan programnya pada pengembangan sektor pertanian dan ketahanan pangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News