Prof Ganefri: Disertasi Hasto Sumber Literasi, Perlu Dibaca Lintas Generasi 

Prof Ganefri: Disertasi Hasto Sumber Literasi, Perlu Dibaca Lintas Generasi 
Hasto Kristiyanto. Foto: DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri mengatakan disertasi berjudul “Diskursus Pemikiran Geopolitik Soekarno dan Relevansinya terhadap Pertahanan Negara”, milik Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto merupakan sebuah sumber literasi yang harus dibaca lintas generasi.

Terlebih lagi, bagi generasi yang pengin memahami dan menginternalisasikan pemikiran geopolitik Soekarno dalam mempertahankan NKRI.

"Disertasi Pak Hasto adalah sebuah sumber literasi yang sangat penting dan harus dibaca bagi lintas generasi," kata Ganefri melalui siaran persnya, Kamis (9/6). 

Ganefri mengatakan ada unsur kebaruan atau novelty dalam disertasi Hasto yang membahas pemikiran geopolitik Soekarno tesebut. 

Menurutnya, disertasi ini memiliki novelty terkait dengan pemikiran geopolitik Soekarno yang selama ini belum tergali secara komprehensif.

“Pemikiran Sang Proklamator tak akan lapuk oleh hujan dan tak lekang oleh panas’," ungkap dia.

Selain itu, lanjut Ganefri, disertasi Hasto bisa menjadi rujukan dalam menyelesaikan persoalan bangsa di tengah spektrum persaingan global demi mempertahankan keberlanjutan semangat nasionalisme. 

Ganefri setuju dengan pernyataan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Kepala BIN Budi Gunawan saat menguji disertasi Hasto bahwa karya ilmiah tersebut bukan kaleng-kaleng.

Prof Ganefri menilai disertasi milik Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto merupakan sumber literasi yang harus dibaca lintas generasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News