Profil Brigjen Hendro Pandowo yang Diisukan Gantikan Ferdy Sambo, Pernah Gerebek Markas FPI

Profil Brigjen Hendro Pandowo yang Diisukan Gantikan Ferdy Sambo, Pernah Gerebek Markas FPI
Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo. Dok Humas Polri

jpnn.com, JAKARTA - Isu pergantian posisi Kadiv Propam Polri yang saat ini dijabat Irjen Ferdy Sambo muncul setelah heboh kasus baku tembak antarpolisi pada Jumat (8/7) lalu.

Beredar kabar, Brigjen Hendro Pandowo yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda Metro Jaya disebut sebagai calon kuat pengganti Ferdy Sambo.

Sosok Brigjen Hendro merupakan polisi yang berpengalaman di bidang reserse. Dia juga pernah menduduki posisi strategis di Divisi Propam Polri.

Berdasar catatan JPNN, polisi kelahiran 19 Januari 1969 itu sempat menjadi Karoprovos Divpropam Polri sebelum menjadi orang nomor dua di Polda Metro Jaya.

Hendro juga lebih senior ketimbang Ferdy Sambo. Hendro diketahui lulusan Akpol 1991 sementara Ferdy Sambo jebolan 1994.

Antara Ferdy dan Hendro juga sama-sama sering bertugas di Polda Metro Jaya. Pada 2015, Hendro sempat menjadi Kapolres Metro Jakarta Pusat (Jakpus) dengan pangkat kombes. Di tahun yang sama, Ferdy menjabat sebagai Wadirreskrimum Polda Metro Jaya dengan pangkat AKBP.

Sosok Hendro juga sempat heboh ketika 2014. Saat itu, polisi kelahiran Malang, Jawa Timur tersebut ikut penggerebekan di markas FPI, Petamburan, Jakpus.

Ketika itu, ada puluhan anggota FPI dijadikan tersangka terkait kerusuhan menolak Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta. Satu dari puluhan tersangka itu adalah Novel Bamukmin.

Sosok Brigjen Hendro Pandowo disebut-sebut sebagai calon kuat pengganti Irjen Ferdy Sambo di posisi Kadiv Propam Polri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News