JPNN.com

Profil Edhy Prabowo: Putra Muara Enim, Si Jago Pencak Silat yang Gantikan Bu Susi di KKP

Rabu, 23 Oktober 2019 – 15:12 WIB Profil Edhy Prabowo: Putra Muara Enim, Si Jago Pencak Silat yang Gantikan Bu Susi di KKP - JPNN.com
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Foto : Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Edhy Prabowo kini resmi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024, berikut ini profil Edhy Prabowo: 

Pria kelahiran Muara Enim, Sumatera Selatan pada 24 Desember 1972 itu menggantikan Susi Pudjiastuti, menteri sebelumnya.

Edhy Prabowo memiliki latar belakang sebagai prajurit TNI dengan menempuh pendidikan di Akademi Angkatan Bersenjara Republik Indonesia (AKABRI) di Magelang, Jawa Tengah, pada 1991 silam. Namun dua tahun berselang, dia keluar dari kesatuannya.

Edhy merantau ke Jakarta dan saat itu berkenalan dengan Prabowo Subianto yang ketika itu masih berpangkat Letkol dan menjadi Komandan Grup II Kopassus TNI AD.

Kedekatan keduanya pun berlanjut hingga saat ini. Bahkan Edhy Prabowo diajak bergabung dalam Partai Gerindra oleh Prabowo.

Prabowo pun bersedia membiayai kuliah Edhy di Universitas Moestopo dengan mengambil jurusan Ekonomi Manajemen di tahun 1997. Setelah itu, Edhy Prabowo melanjutkan pendidikan di Swiss German University mengambil bisnis di 2004.

Edhy Prabowo memulai karier politiknya di tahun 2005 ketika aktif di Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) sempat menjabat sebagai Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan HKTI.

Karier politiknya di Gerindra dimulai sejak partai itu dibentuk, hingga di 2012 sampai sekarang dipercaya menjadi Wakil Ketua Umum Bidang Keuangan dan Pembangunan DPP Partai Gerindra.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...