Profil Fachrul Razi: Eks Wakil Panglima TNI jadi Menag di Kabinet Indonesia Maju

Profil Fachrul Razi: Eks Wakil Panglima TNI jadi Menag di Kabinet Indonesia Maju
Fachrul Razi, Menteri Agama di Kabinet Indonesia Maju. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Berikut merupakan profil Fachrul Razi yang ditunjuk menjadi menteri agama (menag) di Kabinet Indonesia Maju.

Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi merupakan Wakil Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) 1999—2000. Dia pria kelahiran Banda Aceh, 72 tahun silam.

Diketahui Fachrul Razi merupakan salah satu purnawirawan jenderal TNI yang menginisiasi dukungan purnawirawan kepada Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019.

Selama kampanye Pilpres 2019, Fachrul Razi dikenal sebagai Ketua Tim Bravo 5.

Tim Bravo 5 merupakan tim sukarelawan Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang terdiri atas para purnawirawan TNI yang sebagian besar merupakan lulusan Akademi Militer angkatan 1970 atau seangkatan dengan Luhut Binsar Panjaitan.

Tim ini terbentuk sejak 2013 untuk memenangkan Jokowi-Jusuf Kalla pada Pemilu 2014.

Fachrul Razi saat itu mengatakan Bravo 5 dibentuk untuk menepis persepsi bahwa seluruh purnawirawan TNI mendukung calon Presiden RI Prabowo Subianto.

Lulusan Akademi Militer 1970 ini berpengalaman dalam bidang infanteri. Jabatan terakhir yang diembannya sebagai Wakil Panglima TNI pada masa pemerintahan Presiden RI K.H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Berikut ini merupakan profil Fachrul Razi, mantan Wakil Panglima TNI yang menjadi menteri agama alias menag di Kabinet Indonesia Maju.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News