JPNN.com

Profil Luhut Panjaitan: Disebut Menteri Segala Urusan, Dituduh jadi Agen Tiongkok

Rabu, 23 Oktober 2019 – 07:09 WIB Profil Luhut Panjaitan: Disebut Menteri Segala Urusan, Dituduh jadi Agen Tiongkok - JPNN.com
Luhut Panjaitan saat tiba di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/10). Foto Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Berikut ini merupakan profil Luhut Panjaitan yang menjadi Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi di Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

Luhut Panjaitan datang Istana Negara, Selasa (22/10) malam, mengenakan kemeja berwarna putih dan celana hitam. Ia tiba di halaman Istana Negara Jakarta sekitar pukul 19:00 WIB.

Mantan Menko Polhukam itu langsung menuju ruang tunggu khusus yang ada di dekat pintu masuk Istana Negara.

Usai bertemu dengan Presiden, mantan Kepala Staf Presiden (KSP) itu mengaku dihubungi oleh Istana sekitar pukul 18.30 WIB. Ia mengaku diajak diskusi selama sekitar 20 menit oleh Presiden untuk diberi tahu apa saja yang akan menjadi tugasnya dalam lima tahun ke depan dalam kabinet baru.

“Saya dipanggil Presiden, di-brief untuk tugas saya ke depan, nanti menangani mengenai maritim dan investasi,” kata Luhut.

Luhur Binsar Panjaitan lahir di Simargala, Toba Samosir, Sumatera Utara, 72 tahun silam. Luhut merupakan lulusan terbaik Akademi Militer Nasional angkatan 1970 sehingga mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa.

Suami dari Devi Simatupang itu masuk Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) pada 1967 dan karir militernya banyak dihabiskan di Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat.

Purnawirawan Jenderal itu pernah menjadi Duta Besar Indonesia untuk Singapura pada 1999-2000 dan menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan pada Kabinet Persatuan Nasional era Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...