Profil Nadiem Makarim: Anak Penulis Lepas Itu kini jadi Mendikbud

Profil Nadiem Makarim: Anak Penulis Lepas Itu kini jadi Mendikbud
Mendikbud Nadiem Makarim. Foto : Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Profil Nadiem Makarim, founder Gojek yang memutuskan mundur dari jabatannya di perusahaan dan memenuhi permintaan Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Mendikbud.

Di Kabinet Indonesia Maju ini Nadiem Makarim menggantikan Muhadjir Effendy yang kini menjadi Menko PMK.

Nama Nadiem Makarim melambung seiring maraknya bisnis online dan transportasi berbasis aplikasi. Anak pasangan Nono Anwar Makarim dan Atika Algadrie itu lahir di Singapura pada 4 Juli 1984.

Nono merupakan pengacara, sedangkan Atika berprofesi sebagai penulis lepas. Ibunda Nadiem merupakan putri dari Hamid Algadri, salah satu perintis kemerdekaan Indonesia.

Nadiem menikah dengan Franka Franklin pada 2014 lalu. Saat ini Nadiem telah punya satu momongan bernama Solara Franklin Makarim.

Saat SMA, Nadiem berpindah sekolah dari Jakarta ke Singapura. Setelah menyelesaikan SLTA di Singapura, Nadiem melanjutkan kuliah di jurusan hubungan internasional di Brown University, Amerika Serikat pada 2002.

Setelah lulus pada 2006, Nadiem melanjutkan S2 di Harvard Business School hingga memperoleh gelar MBA.

Setelah memperoleh gelar MBA, Nadiem kembali ke Indonesia dan memulai karier sebagai konsultan manajemen di McKinsey & Company pada 2006 hingga 2009.

Profil Nadiem Makarim ayah satu anak yang menyelesaikan kuliah S2 di Harvard Business School.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News