Program Bantuan Listrik Gratis dari Ganjar Pranowo Sudah Memajukan Usaha Warga

Program Bantuan Listrik Gratis dari Ganjar Pranowo Sudah Memajukan Usaha Warga
Program pemasangan listrik gratis yang dijalankan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Dok tim media Ganjar.

jpnn.com, SUKOHARJO - Program pemasangan listrik gratis yang dijalankan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sejak 2019 terus berlanjut sampai sekarang.

Setiap tahunnya, Ganjar menargetkan ada 15 pemasangan listrik gratis. Terhitung pada 2021, sudah ada 55 ribu sambungan listrik yang terpasang.

Salah satu penerima bantuan listrik gratis yang juga pelaku UMKM sangkar burung di Desa Tanjungrejo RT 2 RW 1, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo bernama Pambudi mengaku bahagia setelah mendapat bantuan tersebut.

Pria berusia 37 tahun itu merupakan penyandang disabilitas akibat kecelakaan kerja yang dialaminya pada 2010, saat masih bekerja sebagai tukang bangunan. Tubuhnya tertimpa tembok rumah yang sedang dikerjakan. Pambudi pun mengalami lumpuh dan harus beraktivitas di atas kursi roda.

Kejadian tersebut sempat membuat Pambudi putus asa. Namun, kondisi perekonomian keluarganya yang masih sulit memantik Pambudi untuk tidak menyerah dan terus bangkit, hingga akhirnya memutuskan untuk memulai usaha sangkar burung.

"Awalnya saya modal nekat, terus akhirnya dengan keuletan kemudian dengan niat. Mulanya malu sama teman, karena kalau teman datang ke sini pada kasih uang. Akhirnya pikiran saya terbuka, ingin buat usaha sangkar burung," ujar Pambudi saat ditemui di rumahnya.

Semangat Pambudi dalam mengembangkan usahanya pun makin menjadi-jadi, setelah dia dan keluarganya terdaftar sebagai salah satu penerima bantuan listrik gratis dari Ganjar pada 2022.

Usahanya dalam membuat sangkar burung memang membutuhkan aliran listrik untuk pengoperasian alat kerjanya, seperti bor, kompresor, dan gerinda. Dengan adanya bantuan listrik gratis tersebut, dia pun merasa sangat terbantu.

Program pemasangan listrik gratis yang dijalankan Ganjar Pranowo sudah membantu perekonomian warga, khususnya pelaku UMKM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News