JPNN.com

Program KLHK Ini Akan Serap Jutaan Tenaga Kerja Loh..

Kamis, 07 November 2019 – 14:28 WIB Program KLHK Ini Akan Serap Jutaan Tenaga Kerja Loh.. - JPNN.com
Menteri LHK Siti Nurbaya di kawasan perhutanan sosial. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah melalui KLHK memiliki program rehabilitasi hutan yang mampu menyerap tenaga kerja yang tinggi.

Program KLHK Ini Akan Serap Jutaan Tenaga Kerja Loh..
Skip Adv

Selain memiliki program rehabilitasi hutan yang mampu menyerap tenaga kerja yang tinggi, KLHK juga punya program Perhutanan Sosial dan TORA yang memberi akses pada masyarakat untuk sejahtera dari kawasan hutan di sekitar mereka, 

Anggaran untuk rehabilitasi hutan mencapai Rp3,9 triliun. Sebanyak 230.043 ha areal kawasan hutan direhabilitasi dengan dana APBN 2019.

Di luar itu, akan direhabilitasi 414 ribu ha di areal IPPKH, atau total dapat menjadi 644 ribu ha.

Rehabilitasi diarahkan pada 15 DAS prioritas, 15 Danau prioritas, Daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor, dan daerah hulu dari 65 bendungan/waduk.

Dengan partisipasi HTI, RE, Masyarakat, dan Hutan Rakyat sekitar 400 ribu ha, maka secara keseluruhan dapat ditanam 1.044.000 ha.

''Ini akan memberi banyak manfaat. Semisal untuk jangka pendek (1-2 tahun), akan ada 9,224 juta orang serapan tenaga kerja secara langsung melalui pembibitan dan penanaman areal rehabilitasi yang tersebar di seluruh Indonesia,'' ungkap Menteri LHK Siti Nurbaya.

Program rehabilitasi hutan menjadi salah satu materi yang disampaikan Menteri LHK pada Rakornas KADIN 2019 di Jakarta.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...