Program Konservasi PHR Dinilai Sangat Strategis Bagi Pelestarian Gajah 

Program Konservasi PHR Dinilai Sangat Strategis Bagi Pelestarian Gajah 
Ilustrasi Gajah. Foto:Dokumentasi BBKSDA Riau

jpnn.com, RIAU - Pakar ekologi manajemen satwa liar IPB University, Profesor Burhanuddin Masyud, mengapresiasi PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) yang menjalankan Program Konservasi Gajah Sumatera di Riau.

Terlebih, melalui program tersebut, PHR juga meraih penghargaan bergengsi Green World Environment Award 2024 sebagai Global Winner untuk kategori Fuel, Power& Energy/Conservation & Wildlife Project.

PHR WK Rokan merupakan satu dari 25 perusahaan penerima penghargaan dari total 500 kompetitor lain dalam penghargaan untuk praktik terbaik lingkungan dari seluruh dunia. PHR merupakan satu-satunya perusahaan dari Indonesia yang menerima penghargaan tersebut.

“(Strategis), sangat bagus. Konservasi tersebut berperan dalam melestarikan gajah sebagai satwa yang dilindungi dan juga sebagai salah satu kekayaan keanekaragaman hayati nasional. Dengan demikian, pihak-pihak yang terlibat dalam menjamin kelestarian seperti Pertamina menjadi sangat penting,” kata Burhanuddin.

Menurut Burhanuddin, program yang dijalankan PHR sebagai anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) merupakan mitigasi awal.

Yakni, untuk mencegah konflik antara gajah dan masyarakat. Dengan demikian, bisa mengurangi risiko lebih lanjut, baik dilihat dari sisi keselamatan manusia maupun risiko dibunuhnya satwa tersebut.

“Potensi ancaman kematian pada gajah di satu sisi dan keselamatan masyarakat di sisi yang lain bisa, diantisipasi lebih awal. Jadi semacam langkah-langkah mitigasi,” lanjut Burhanuddin.

Menurut Burhanuddin, upaya konservasi memang sebuah keniscayaan.

Melalui program tersebut, PHR juga meraih penghargaan bergengsi Green World Environment Award 2024 sebagai Global Winner.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News