Program Kubedistik & Karawang Berseri Binaan Pertamina Raih Penghargaan Internasional

Program Kubedistik & Karawang Berseri Binaan Pertamina Raih Penghargaan Internasional
PT Pertamina Hulu Energi (PHE) mendorong pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender, melalui program pemberdayaan masyarakat lokal di sekitar daerah operasi. Foto dok PHE

jpnn.com, KARAWANG - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream Pertamina berkomitmen mendorong pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender, melalui program pemberdayaan masyarakat lokal di sekitar daerah operasi.

Program tersebut disusun secara terencana sebagai program berkelanjutan di bidang ekonomi dan sosial untuk mendorong kemandirian dan kesejahteraan kelompok binaan.

Bersama kelompok masyarakat, Satgas Karawang Berseri yang terdiri dari 34 perempuan berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Corporate Secretary PT Pertamina Hulu Energi (PHE), Arya Dwi Paramita menjelaskan program pemberdayaan perempuan unggulan ini merupakan penanganan kekerasan berbasis masyarakat terhadap perempuan dan anak di Karawang, Jawa Barat atau biasa disebut ‘Karawang Berseri’ atau ‘Karawang Bebas Kekerasan Semakin Maju dan Mandiri’, yang dilaksanakan oleh PT Pertamina EP (PEP) Tambun Field, yang tergabung di Zona 7 Regional Jawa.

"Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahasan dan kesadaran masyarakat tentang kesetaraan gender. Harapannya dapat mengurangi kasus kekerasan di masyarakat dan meningkatkan kapasitas masyarakat dalam penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak secara mandiri dan berkelanjutan," ujar Arya.

Hingga kini Subholding Upstream Pertamina tidak pernah dihadapkan pada pengaduan terkait dugaan diskriminasi dalam hal permasalah gender.

Hal ini merupakan komitmen PHE untuk mencapai SDGs 5 perihal Kesetaraan.

Program pemberdayaan perempuan lainnya juga dilaksanakan di wilayah kerja PT Pertamina EP (PEP) Tarakan Field, bagian dari Zona 10 Regional Kalimantan, melakukan pemberdayaan perempuan dan masyarakat difabel melalui Program Kelompok Usaha Bersama Difabel Batik (Kubedistik).

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream Pertamina berkomitmen mendorong pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News