Program Merdeka Belajar Era Jokowi jadi Tonggak Pengembangan SDM

Program Merdeka Belajar Era Jokowi jadi Tonggak Pengembangan SDM
Presiden Joko Widodo. Foto: Humas Kementerian ATR/BPN

jpnn.com, JAKARTA - Program Merdeka Belajar inisiasi Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai menjadi tonggak kebangkitan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

Program Merdeka Belajar juga menjadi modal utama menghadapi era digital. 

Di mana program ini memberikan keleluasaan bagi siswa untuk memilih pelajaran sesuai minat mereka. Kebijakan disusun berdasarkan keinginan dan sangat memprioritaskan kebutuhan siswa.

Hal itu disampaikan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Fauzan. Menurutnya Merdeka Belajar merupakan salah satu program Jokowi yang terbukti mampu meningkatkan kualitas SDM di Tanah Air. 

“Berbagai upaya telah dilakukan (Pemerintahan Jokowi) karena saya juga berkecimpung di dunia pendidikan. Tentu saja Merdeka Belajar menjadi tonggak dalam pengembangan SDM,” ujar Fauzan.

Fauzan mengatakan gencarnya pemerintah menggaungkan Program Merdeka Belajar merupakan sebuah langkah yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Selain dapat meningkatkan kompetensi diri, program tersebut juga ditujukan untuk menyiapkan SDM yang berdaya saing global. Sehingga akan berdampak positif bagi bangsa.

“Kebijakan Pak Jokowi sudah sangat tepat dalam mengantisipasi persoalan Indonesia ke depan,” tutur Fauzan.

Gencarnya pemerintah menggaungkan Program Merdeka Belajar merupakan sebuah langkah yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News