Program Pendidikan Era Kepemimpinan Jokowi Dikritik Anies dan Prabowo

Program Pendidikan Era Kepemimpinan Jokowi Dikritik Anies dan Prabowo
Prabowo Subianto menjabat erat tangan Anies Baswedan. Foto: Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Dua bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan dan Prabowo Subianto mengkritik program pendidikan yang saat ini dijalankan pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Kritik dari dua kandidat capres itu hadir seusai mengikuti puncak kegiatan Belajarraya 2023 di Pasar Baru, Jakarta Pusat pada Sabtu (29/7).

Anies mengkritik program pendidikan yang digodok era pemerintahan Jokowi yang tidak melibatkan masyarakat dalam bidang tersebut.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, Jokowi hanya mempedulikan pembayaran pajak publik dibanding melibatkan masyarakat dalam program-program pemerintahannya termasuk bidang pendidikan.

Bahkan, eks Mendikbud RI ini menyebut gaya kepemimpinan Jokowi berbanding jauh dengan Presiden ke-1 Indonesia sekaligus Bapak Proklamator, Soekarno.

"Saya waktu itu ketika memulai Indonesia mengajar, kami eksplisit menyampaikan pendidikan bukan sebagai program, pendidikan sebagai gerakan. Lalu ingat pemberantasan buta huruf? Itu nanti teman-teman boleh Google. Kalau ada foto Soekarno di papan tulis menulis A, I, U, E, O tahun 47 atau 48. Lalu banner di atasnya itu tulisannya menarik sekali. Kalau pemerintah biasanya bikin acara 'Dengan semangat ini ini'. Ini enggak, 'Bantu Kami Berantas Buta Huruf'," kata Anies dalam pemaparannya pada kegiatan tersebut.

"Kata pertamanya 'bantu', hari ini negara sekarang bilang 'anda diam saja, kami saja yang kerjakan semuanya. Anda bayar pajak, anda nyoblos pemilu, tetapi enggak harus terlibat'. Yang ini harus dirubah, 'bantu kami terlibat dan kemudian muncul gerakan untuk pendidikan," sambungnya.

Kritik serupa juga disampaikan oleh Prabowo Subianto. Dia menilai masih ada kekurangan pada bidang pendidikan yang berlangsung di Indonesia selama pemerintahan era Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bacapres Anies Baswedan dan Prabowo Subianto memberikan kritik pada program pendidikan yang dijalankan Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News