Program-program Jokowi Terkait UMKM Berhasil Menyasar Para Pelaku Usaha Kecil

Program-program Jokowi Terkait UMKM Berhasil Menyasar Para Pelaku Usaha Kecil
Presiden Jokowi. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta, Prof Mudhofir Abdullah memuji perhatian Presiden Joko Widodo terhadap UMKM.

Menurutnya, program-program yang direalisasikan oleh Jokowi berhasil mendorong UMKM makin berkembang.

Mudhofir mengatakan program-program Jokowi yang terkait dengan UMKM mampu menyentuh langsung para pelaku usaha kecil tersebut.

Dia berharap, program di era Jokowi dapat diteruskan oleh pemimpin selanjutnya.

“UMKM terus dikembangkan karena dapat dirasakan oleh kelompok-kelompok usaha kecil menengah. Sangat luar biasa dan perlu dilanjutkan oleh penggantinya yang akan datang,” ujar Mudhofir, Sabtu (19/11).

Mudhofir menilai strategi Jokowi mendorong kemajuan UMKM adalah langkah yang sangat tepat. Sebab UMKM dapat menjadi benteng bagi ancaman resesi yang menghantui negara-negara di dunia.

“Sehingga mereka para UMKM mudah-mudahan menjadi palang pintu bagi benteng untuk menghadapi resesi dunia yang katanya konon terjadi pada 2023,” terangnya.

Dia juga optimistis UMKM bisa menjadi fondasi bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Sehingga strategi Jokowi mendorong kemajuan UMKM dapat menghindarkan Indonesia dari ancaman krisis.

Program-program Jokowi yang terkait dengan UMKM mampu menyentuh langsung para pelaku usaha kecil tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News