Progres Pembangunan Bandara Kertajati Sudah 96 Persen

Progres Pembangunan Bandara Kertajati Sudah 96 Persen
Bandara Kertajati. Foto dok humas Kemenhub

jpnn.com, MAJALENGKA - Presiden RI Joko Widodo meninjau langsung progres pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat atau sering kita sebut Bandara Kertajati di Majalengka, Provinsi Jawa Barat.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Baitul Ihwan menjelaskan sejauh ini progres pembangunan Bandara Kertajati saat ini telah mencapai 96 persen.

“Untuk sisi udara sudah selesai 100 persen, sisi darat atau bangunannya telah mencapai 96 persen,” kata Baitul.

Dengan progres pembangunan ini Baitul menyebut Menhub berharap bandara ini dapat beroperasi pada angkutan lebaran tahun ini dengan melayani penerbangan ke sejumlah kota di luar Jawa seperti Medan, Lampung, Pontianak, dan Palangkaraya.

Namun, kepastian kota tujuan ini juga akan melihat kembali minat pasar.

Selain untuk melayani angkutan lebaran, kata Baitul tahun ini diharapkan bandara ini juga akan dapat digunakan sebagai bandara keberangkatan calon jemaah haji asal Provinsi Jawa Barat.

“Setelah angkutan lebaran bandara ini juga diharapkan bisa melayani sebagai embarkasi haji khususnya masyarakat dari sekitar Majalengka,” ujarnya.

Sebagai informasi, Bandara Kertajati memiliki landas pacu atau runway berukuran 2.500 x 60 meter dan akan diperpanjang menjadi 3.000 x 60 meter. Dengan runway ini bandara ini bisa didarati pesawat sejenis Boeing 777.

Bandara Kertajati diharapkan bisa melayani penerbangan saat mudik lebaran ke sejumlah kota di luar Jawa seperti Medan, Lampung, Pontianak, dan Palangkaraya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News