Proposal Pembentukan Provinsi Kapuas Raya Sudah di Tangan LaNyalla Mattalitti

Proposal Pembentukan Provinsi Kapuas Raya Sudah di Tangan LaNyalla Mattalitti
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPD Sukiryanto menyerahkan proposal rencana pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Provinsi Kapuas Raya, yang merupakan pemekaran dari Provinsi Kalimantan Barat, kepada Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.

"Saya telah menyerahkan proposal rencana pemekaran Provinsi Kapuas Raya kepada ketua DPD RI," kata senator Dapil Kalbar itu dalam keterangannya, Rabu (10/2).

Sukiryanto menjelaskan, dirinya sudah mendengar dan mengetahui terkait rencana pembentukan Provinsi Kapuas Raya tersebut.

Karena itu, Sukiryanto dalam beberapa kesempatan menghimpun berbagai masukan dan menggali informasi lebih jauh di lapangan. 

Sukiryanto pun berencana akan membuat focus group discussion dan mengundang pihak Kementerian Dalam Negeri dan Bappenas.

Lebih lanjut Sukiryanto menuturkan, sejumlah rencana pembangunan proyek strategis nasional di Provinsi Kalbar juga dibahas.

"Selain menyerahkan proposal, hari ini saya membahas perkembangan potensi ekonomi yang harus dikembangkan di Kalbar, termasuk rencana pembangunan beberapa proyek strategis nasional, seperti Jembatan Kapuas II gandeng, pembangunan tol penghubung antardaerah, dan lain sebagainya," tuturnya.

Menurut dia, hasil diskusi tersebut akan menjadi bahan masukannya untuk selanjutnya disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pembentukan Provinsi Kapuas Raya, pemekaran dari Kalimantan Barat, sudah banyak dinantikan masyarakat. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News