Proses Evakuasi KM Sinar Bangun Begitu Rumit, Semoga Sukses

Proses Evakuasi KM Sinar Bangun Begitu Rumit, Semoga Sukses
Keluarga korban melihat proses pencarian korban dan bangkai KM Sinar Bangun di Danau Toba, Minggu (24/6). Foto: Triadi Wibowo/Sumut Pos

jpnn.com, SIMALUNGUN - Tim SAR mendeteksi objek kapal yang diduga KM Sinar Bangun di kedalaman 490 meter dari permukaan Danau Toba, Minggu (24/6).

Temuan itu langsung ditindaklanjuti untuk dianalisis oleh petugas. Bangkai KM Sinar Bangun atau bukan, masih menunggu hasil analisis tersebut.

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro, menjelaskan bahwa analisis objek terindikasi KM Sinar Bangun dilaksanakan bersama-sama oleh seluruh tim gabungan. ”Apakah itu kapal yang tenggelam atau yang lain. Itu perlu dicocokkan nanti,” ungkap dia ketika diwawancarai Jawa Pos, Minggu (24/6).

Dalam urusan pencarian dan penyelamatan, analisis tersebut penting. Sebab, akan turut berpengaruh terhadap langkah lanjutan yang akan diambil oleh Tim SAR.

Apalagi jika mengingat kecelakaan kapal di Danau Toba bukan kali pertama terjadi. ”Jadi, harus diidentifikasi. Tentang ukurannya, kemudian bentuknya, segala macam itu,” beber Harjo.

Proses Evakuasi KM Sinar Bangun Begitu Rumit, Semoga Sukses

Hasil identifikasi tersebut, kemudian dicocokan dengan data-data KM Sinar Bangun yang ada. Apabila memang sesuai, upaya evakuasi bisa dilakukan. Bagaimana proses evakuasi? Semua bergantung kesepakatan bersama Tim SAR.

Namun demikian, dengan berbagai pertimbangan data sementara serta situasi dan kondisi yang terakhir kali dilaporkan, besar kemungkinan upaya evakuasi atau pengangkatan bangkai KM Sinar Bangun harus dilakukan menggunakan alat khusus.

Bangkai KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba sudah terdeteksi, metode evakuasi sudah mulai rancang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News