Proses Verifikasi Mulai 10 Agustus

Proses Verifikasi Mulai 10 Agustus
Proses Verifikasi Mulai 10 Agustus
JAKARTA - Kesibukan tahapan penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) legislatif segera dimulai. Dalam hitungan satu bulan lagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan membuka tahap pendaftaran dan verifikasi partai politik (parpol) peserta Pemilu Legislatif 2014.

"Sosialisasi akan dilakukan satu bulan sebelum verifikasi atau pada bulan ini," kata Komisioner KPU Ida Budhiati saat dihubungi.

Ida menyatakan, tahap pendaftaran untuk verifikasi parpol dimulai 10 Agustus dan berakhir 7 September 2012. Sesuai UU Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu, yang wajib mengikuti verifikasi adalah parpol baru ditambah parpol yang tidak memiliki kursi di DPR. "Verifikasi meliputi administrasi dan faktual, dilakukan KPU," ujar mantan ketua KPU Provinsi Jateng itu.

Terkait verifikasi, KPU juga mengetahui adanya gugatan sejumlah parpol nonparlemen ke Mahkamah Konstitusi (MK). Parpol nonparlemen itu menggugat pasal bahwa parpol yang memiliki kursi di DPR berhak lolos otomatis sebagai peserta pemilu.

JAKARTA - Kesibukan tahapan penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) legislatif segera dimulai. Dalam hitungan satu bulan lagi, Komisi Pemilihan Umum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News