Proyek Pembangkit Listrik Tersendat Krisis Global

Proyek Pembangkit Listrik Tersendat Krisis Global
Proyek Pembangkit Listrik Tersendat Krisis Global
JAKARTA - Pasokan listrik di tanah air sampai saat ini belum menemukan titik keseimbangan. Menurut catatan PT PLN (Persero), hingga kini masih ada 30 wilayah yang defisit listrik. Di sisi lain, upaya penambahan pasokan melalui pembangunan pembangkit listrik 10 ribu MW sedikit tersendat akibat krisis global.

''Berdasar pemaparan Dirut PLN, ada 30 sistem yang defisit. Kita berharap defisit listrik tersebut bisa dikurangi menjadi 16 sistem. Dan apabila memungkinkan, dihilangkan,'' ujar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat kunjungan kerja ke Kantor Pusat PLN di Jakarta, Senin 9/2).

Rencananya, 35 pembangkit dibangun pada proyek percepatan 10 ribu MW tahap I. Kurang lebih 1.000 MW pasokan listrik akan masuk mulai 2009. Di antaranya dari PLTU Labuan, PLTU Indramayu, dan PLTU Rembang. Presiden memberikan apresiasi kepada seluruh anggota PLN yang terus berupaya mengerjakan proyek 10.000 MW meski dalam keadaan sulit.

''Dalam praktik, banyak yang pembangunannya kurang lancar, terutama yang pembiayaannya bekerja sama dengan RRC (Tiongkok). Saya instruksikan Dirut PLN untuk duduk bersama dengan pihak RRC untuk bersama mencari solusi agar pendanaan mengalir,'' paparnya.

JAKARTA - Pasokan listrik di tanah air sampai saat ini belum menemukan titik keseimbangan. Menurut catatan PT PLN (Persero), hingga kini masih ada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News