Proyek Tol Cikapa Minta Distop

Sebelum Ada Kejelasan Sistem Irigasi Pertanian di Sepanjang Jalur Tol

Proyek Tol Cikapa Minta Distop
Proyek Tol Cikapa Minta Distop

jpnn.com - MAJALENGKA – DPRD Kabupaten Majalengka meminta kontraktor tol Cikampek-Palimanan (Cikapa) PT Lintas Marga Sedaya (LMS), menghentikan sementara pembangunan jalan tol sebelum adanya kejelasan mengenai sistem drainase dan irigasi bagi area pertanian di sepanjang jalan tol.

 

Hal tersebut terungkap dalam rapat gabungan Komisi B dan Komisi C DPRD dengan sejumlah kepala desa (kades), camat Sumberjaya, camat Palasah, camat Jatiwangi, dan camat Kertajati di ruang rapat Paripurna DPRD Majalengka, kemarin (20/9).

Pada rapat tersebut juga menghadirkan perwakilan dari pihak PT LMS yang diminta untuk menjelaskan sistem drainase/irigasi air yang dikeluhkan sejumlah kades yang mewakili warganya. Karena dikhawatirkan akan merusak ekosistem area pertanian di sepanjang jalur yang akan dibangun jalan tol.

“Sekarang ini kan sedang berjalan (pembangunannya, red). Kalau belum ada kejelasan mengenai sistem irigasi pertanian. Apakah bisa dihentikan sementara, sampai adanya kejelasan mengenai infrastruktur irigasi pertanian yang dilewati jalan tol ” ujar anggota Komisi B DPRD Majalengka Pepep Saeful Hidayat.

Dia menegaskan, meskipun proyek pembangunan jalan tol berikut pengelolaannya oleh PT LMS ini merupakan program pemerintah, namun dia memandang tetap saja orientasi operasional PT LMS akan mengarah kepada profit oriented. Oleh karena itu, dia memandang jika masyarakat petani yang area pertanianya terlintasi oleh jalan tol, juga mesti diperhatikan kelangsungannya.

“Jangan sampai nanti pengelolaan jalan tol oleh PT LMS ini hanya sekedar untuk menghindari kerugian dari pihak investor. Nah, jika kekhawatiran para petani yang sawahnya akan tergenang ketika ada jalan tol itu benar-benar terjadi, tanggung jawab siapa?” tanyanya.

Menanggapi hal ini, perwakilan manajemen PT LMS, Heru mengaku, pihaknya tidak dapat mengabulkan permintaan penghentian sementara proses pembangunan tol Cikapa, karena akan mengganggu pelaksanaan pembangunan jalan tol secara keseluruhan.

MAJALENGKA – DPRD Kabupaten Majalengka meminta kontraktor tol Cikampek-Palimanan (Cikapa) PT Lintas Marga Sedaya (LMS), menghentikan sementara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News