Proyek Tol Kota Bandung Ditarget Kelar 2018

Proyek Tol Kota Bandung Ditarget Kelar 2018
Pembangunan jalan tol. Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli mengatakan, pembangunan Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) yang melintas di sejumlah pusat kota Bandung Raya, ditargetkan bisa rampung pada 2018.

Saat ini, kata Rizal problem pembebasan lahan yang menjadi penyebab pembangunannya mandek selama lima tahun, telah diselesaikan. Sebab ke-13 kementerian dan lembaga sudah sepakat untuk membebaskan lahannya.

Karena itu, untuk merealisasikan penyelesaian pembangunan jalan tol BIUTR tersebut pada 2018, maka proyeknya harus dikebut sebelum akhir tahun ini. Rizal juga akan membantu percepatan tersebut, termasuk penyelesaian pinjaman dari Japan International Corporation Agency (JICA).

"Kami minta proyek ini bisa segera jalan, pokoknya sebelum akhir tahun ini, sehingga dua tahun bisa selesai, akhir 2018 selesai. Untuk itu kami minta deputi kami untuk membantu percepat processing dan loan closing dari JICA Jepang. Mudah-mudahan bisa selesai cepat," harap Rizal di kantornya, Jakarta, Senin (7/3).

Terlebih, jalan tol ‎dalam kota Bandung tersebut mendesak untuk dibangun, mengingat kemacetan di Bandung sudah semakin parah. 

"‎Jadi kami perlu proyek ini dipercepat. Kalau baru mulai pembangunan 2017, baru selesai 2019, makanya sebelum akhir tahun ini harus bisa jalan," tandas mantan menko perekonomian era Gus Dur ini. (chi/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News