Proyek Tol Pertama di Sumbar Segera Dimulai

Proyek Tol Pertama di Sumbar Segera Dimulai
Basuki Hadimuljono. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan groundbreaking pembangunan jalan tol di Sumatera Barat. Rencananya, groundbreaking pembangunan tol pertama di Provinsi Ranah Minang akan dilakukan saat kunjungan kerja Presiden Jokowi di Sumbar untuk menghadiri Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari mendatang.

Untuk tahap awal, Presiden Ketujuh RI tersebut akan melakukan groundbreaking Tol Padang-Sicincin sepanjang 28 kilometer. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku telah melihat langsung persiapan pembangunan ruas tol bagian dari Tol Padang-Pekanbaru sepanjang 254 kilometer itu.

"Pekanbaru-Padang, kemarin saya dari sana. Kemarin saya baru dengan Pak Gubernur (Irwan Prayitno, red) diskusi dengan warga, mereka sudah setuju. Nanti pas Pak Presiden ke sana HPN tanggal 9 Februari mau groundbreaking," ucap Basuki di kompleks Istana Negara, Jakarta pada Senin (5/2).

Jalan tol Pekanbaru-Padang sepanjang 254 km akan menelan biaya investasi sekitar Rp 78 triliun. Realisasinya selama lima tahun hingga 2023.

Pada bagian tengahnya akan terdapat terowongan sepanjang 7 km. Khusus terowongan akan dikerjakan dengan dana pinjaman dari Japan International Cooperation Agency (JICA).

"Nanti ada terowongan yang dikerjakan dengan loan JICA. Nanti akan mulai tahap pertama Padang-Sicincin (28 kilometer), tahap kedua Bangkinang-Pekanbaru 38 kilometer, dan ketiga tiga Sicincin-Bangkinang 189 kilometer,” tambah Basuki.(fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan groundbreaking pembangunan jalan tol di Sumatera Barat yang bakal menghubungkan Padang dengan Pekanbaru.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News