Menteri Siti Ikut Terharu Saat Tol Bakauheni Diresmikan

Menteri Siti Ikut Terharu Saat Tol Bakauheni Diresmikan
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. Foto: Dokpri

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meresmikan salah satu proyek strategis nasional bagian dari jalan tol Trans Sumatera, yakni Jalan Tol ruas Bakauheni - Terbanggi Besar, dan ruas tol Lematang - Kota Baru di Lampung pada Minggu (21/1) kemarin.

"Peresmian tol ini tidak hanya menjadi 'kado istimewa' awal tahun untuk masyarakat Lampung yang akhirnya punya tol perdana. Rasa haru dan bahagia ternyata juga ikut dirasakan salah satu Menteri Kabinet Kerja yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar.

“Selamat atas peresmian tol Bakauheni oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Saya ikut terharu, akhirnya ruas tol yang merupakan bagian dari Trans Sumatera itu bisa terwujud juga,” kata Menteri Siti dalam postingan di akun medsosnya, Senin (22/1).

Menteri Siti Ikut Terharu Saat Tol Bakauheni Diresmikan

Presiden Joko Widodo dan Menteri LHK Siti Nurbaya

Ternyata ruas tol tersebut sudah dirintis sejak lama, namun tidak pernah ada kemajuan yang berarti. Menteri Siti mengingat masa-masa saat ia masih bertugas di Lampung. Bersama Gubernur masa itu, pembangunan tol tersebut pernah direncanakan.

"Saya rapat bolak-balik ke BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, red) dan Jasa Marga membahasnya. Namun karena krismon (krisis moniter, red), rencana itu dihentikan,” kata mantan Sekjen DPD RI ini.

Selanjutnya, saat Siti Nurbaya masih menjabat sebagai Kabid Fisik Prasarana Bappeda, lalu jadi Wakil Ketua Bappeda Lampung, perencanaan ruas tol tersebut satu paket dengan Jembatan Selat Sunda dengan rentang 27 km Bakauheni - Merak. Kalau belum satu paket maka beban bagi Lampung akan cukup berat akibat LHR yang makin tinggi bila tidak diteruskan dalam arus Jawa - Sumatera dan sebaliknya.

Setelah hanya menjadi mimpi selama lebih satu dekade, akhirnya Pemerintahan Presiden Jokowi merealisasikannya. Menteri Siti pun ikut terharu dan bahagia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News