Len Industri Bangun PLTS di Lokasi Tol Trans Sumatera

Len Industri Bangun PLTS di Lokasi Tol Trans Sumatera
Jalan tol Trans Sumatera Medan-Binjai. Foto: setkab.go.id

jpnn.com, LAMPUNG - PT Len Industri bersinergi dengan BUMN Konstruksi, PT Hutama Karya untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Lokasi Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni – Terbanggi Besar, Lampung yang sedang diresmikan oleh Presiden Jokowi, Minggu (21/1).

PLTS di tol Trans Sumatera ini, tepatnya dibangun di area gerbang tol Bakauheuni Selatan yang memiliki kapasitas 46 kWp system on grid yang dilengkapi battery.

Nantinya PLTS ini akan memasok listrik untuk gerbang tol dan kantor operasional pengelola jalan tol.

"Kami sinergi sesama BUMN di Lampung, PLTS ini ditujukan untuk penghematan dan pemanfaatan energi ramah lingkungan. PLTS ini mampu memberikan penghematan 20-50persen tagihan listrik," kata Direktur Utama Len Zaky Gamal Yasin di Lokasi Peresmian Jalan Tol Bakauheni, Lampung, Minggu (21/1).

Setelah investasi, membangun dan mengoperasikan PLTS di Kupang pada 2015 dengan kapasitas 5 MW yang juga terbesar di Indonesia, Len akan terus eksis mengembangkan konsep energi terbarukan dengan PLTS untuk memperkecil ketergantungan pada energi fosil dengan memanfaatkan semaksimal mungkin material yang tersedia di Indonesia.

"Dengan demikian pencapaian listrik sebesar 35 ribu Mw cepat tercapai sesuai dengan kebijakan pemerintah,” tambah Zaky.

Selain itu, PLTS juga sudah menjadi prioritas pembangkit listrik di dunia dan digunakan dalam banyak fasilitas di antaranya perumahan, bandara, daerah wisata, pelabuhan, termasuk jalan tol serta digunakan oleh perusahan penyedia listrik menjadi salah satu sumber listrik terbaru yang efisien.

"Hutama Karya akan memanfaatkan lahan sekitar sepanjang tol untuk PLTS, jaringan Gas, Perkebunan, dan Telekomunikasi. PLTS merupakan energi terbarukan (energi masa depan) yang sekaligus bisa digunakan sebagai efisiensi dan cadangan energi. Kami senang bisa bekerjasama dengan Len membangun PLTS dan memaksimalkan potensi yang ada di sekitar jalan tol" kata Direktur Utama Hutama Karya I Gusti Ngurah Putra.(chi/jpnn)


PLTS di tol Trans Sumatera ini, tepatnya dibangun di area gerbang tol Bakauheuni Selatan yang memiliki kapasitas 46 kWp system on grid yang dilengkapi battery.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News