Proyek Tol Serpong - Cinere Disegel Aktivis

Proyek Tol Serpong - Cinere Disegel Aktivis
Proyek Tol Serpong - Cinere disegel aktivis. Foto: Indopos

jpnn.com, TANGERANG - Sejumlah aktivis lingkungan Tangerang Selatan (Tangsel) yang mengatasnamakan OKP Ganespa menyegel proyek pembangunan Tol Serpong - Cinere (Sercin).

Aksi itu dilakukan karena tidak adanya sikap tegas dari Pemkot Tangsel terhadap kerusakan lingkungan Situ Sasak Tinggi (Pamulang) yang ditimbulkan pembangunan tol tersebut. Bahkan, pengajuan penghentian proyek yang diajukan para pencinta lingkungan telah ditolak.

Koordinator Aktivis Lingkungan Hidup OKP Ganespa, Nurhafiz Fidon menyatakan penyegelan itu dilakukan untuk menghentikan kerusakan lebih besar pada Situ Sasak Tinggi akibat pembangunan jalan bebas hambatan tersebut. Mengingat, pembangunan itu sudah merusak daerah serapan air yang banyak digunakan warga untuk mencari ikan.

“Hari ini pembangunan proyek ini kami segel. Sudah kelima kalinya kami melakukan aksi demo ke Pemkot, tetapi tidak didengarkan. Jadi terhitung hari ini pembangunan ini harus di stop dan ini merupakan keinginan dari warga sekitar yang tidak ingin lingkungannya rusak,” tegas Fidon, Kamis (5/4).

Tak hanya penyegelan lokasi dan bangunan, lanjut Nurhafiz, OKP Ganespa juga mendesak PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) selaku pengelola Tol Sercin menghentikan kegiatan pembangunan tol tersebut.

Permintaan resmi itu juga telah mereka kirimkan melalui surat yang diberikan ke pengembang jalan berbayar ini. Sebab, jika terus dipaksakan bekerja maka warga akan melakukan aksi menduduki lokasi dan mengeluarkan alat berat.

“Kami tidak ingin ada terjadi bentrok fisik, karena warga sudah resah dengan kegiatan tol ini. Sampai sekarang pun warga belum memberikan rekomendasi izin dalam pembangunan tol ini. Pasti mereka akan datang ke sini untuk menghentikan proyek karena dampaknya sudah terasa,” paparnya.

Nurhafiz pun mengaku, sangat menyayangkan sikap Pemkot Tangsel yang tidak mendukung masyarakat mengantisipasi kerusakan lingkungan situ.

Sejumlah aktivis lingkungan Tangerang Selatan (Tangsel) yang mengatasnamakan OKP Ganespa menyegel proyek pembangunan Tol Serpong - Cinere

Sumber Indopos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News