PSM Jadi Motor Penggerak Atasi Masalah Sosial Melalui RBM

PSM Jadi Motor Penggerak Atasi Masalah Sosial Melalui RBM
Euis, seorang PSM pengelola RBM di Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Minggu (23/5/2021). Foto: Humas Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Salah satu garda terdepan dalam penanganan berbagai masalah sosial di tengah masyarakat adalah Pekerja Sosial Masyarakat (PSM).

Pendampingan PSM dirasakan betul manfaatnya dengan beragam kegiatan. Misalnya, menginisiasi Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) dan kampung ramah disabilitas dan kampung ramah lanjut usia.

Sekira 10 tahun ke belakang, para orang tua yang memiliki anak penyandang disabilitas merasa malu dan menyembunyikan dari orang lain serta kerap dianggap aib keluarga.

Seiring upaya PSM dengan RBM melakukan sosialisasi melakukan pendekatan kearifan lokal dan menggandeng para pihak, lambat laun para orang tua sadar dan percaya diri untuk merawat dan mengatasi anak disabilitas.

“Jadi, PSM itu karena anak sendiri disabilitas selama 18 tahun. Itu menggerakkan saya dan teman-teman yang  peduli bangkit dari rasa malu dan menyembunyikan anak disabilitas jadi percaya diri mengatasinya,” ucap Euis, seorang PSM pengelola RBM di Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Minggu (23/5/2021) siang.

Di atas lahan pinjaman warga, dibangun semi permanen RBM untuk menerapi dan memberikan pendampingan secara rutin oleh PSM terhadap anak dan para orang tua menggandeng yayasan yang peduli anak disabilitas.

“Suka terharu, kalau ingat dulu saat anak mau terapi harus pergi jauh tetapi kini dengan RBM para orang tua cukup datang sebulan sekali membawa anaknya nanti diterapi oleh terapis yang datang,” ungkap Euis.

RBM mencatat ada 32 anak disabilitas yang rutin diterapi setiap bulan tetapi bergantian atau 13 anak sekali terapi. Para orang tua diberikan penguatan mental agar bisa membantu terapi di rumah masing-masing.

Salah satu garda terdepan dalam penanganan berbagai masalah sosial di tengah masyarakat adalah Pekerja Sosial Masyarakat (PSM).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News