PSSI Sebut VAR Digunakan di 2019, Exco: Paling Normal 2021

PSSI Sebut VAR Digunakan di 2019, Exco: Paling Normal 2021
Logo resmi Liga 1 2019. Foto: PT LIB

jpnn.com, JAKARTA - PSSI berencana akan menggunakan Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 2019. Namun, Direktur Utama Interim PT LIB Dirk Soplanit membantahnya karena sejauh ini baru sebatas kajian.

Sebelumnya, dalam rilis resmi, PSSI menyebut VAR akan digunakan untuk menjaga kualitas kompetisi Liga 1 2019.

"Hal ini disepakati dalam rapat Komite Eksekutif PSSI yang berlangsung di Jakarta pada akhir pekan lalu. Terkait dengan hal ini, PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi, diminta untuk segera membuat kajian dari sisi anggaran dan insfrastruktur. Sementara PSSI akan menyiapkan kajian yang terkait regulasi berdasarkan peraturan FIFA," bunyi rilis resmi, Senin (27/5) malam.

BACA JUGA: Berani Nggak BOPI Bersikap Keras ke PSSI dan PT LIB?

Tapi, saat dikonfirmasi ke Dirk Soplanit, dia membantah bahwa penggunaannya bakal dilakukan pada 2019. "Semalam kami rapat exco untuk putuskan menggunakan VAR. Ini tak mudah juga prosesnya," kata dia.

Yang akan menjadi konsentrasi menurut Dirk tak mudah, pasalnya harus ada wasit yang kualifikasinya mumpuni untuk memantau VAR.

BACA JUGA: Sekjen PSSI Kembali Mangkir di Sidang Kasus Mafia Bola

"Banyak hal yang harus dibicarakan, mulai wasit, infrastruktur, dan lainnya. Jadi, kalau bicara syarat, paling normal itu kalau bisa pada 2021," tegas pria yang juga anggota Exco PSSI itu.

Direktur Utama Interim PT LIB membantah keterangan PSSI yang akan menggunakan Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News