PSSI Segera Sesuaikan Standar Verifikasi Klub

PSSI Segera Sesuaikan Standar Verifikasi Klub
Stadion menjadi salah satu aspek yang akan diukur dalam verifikasi klub terkait infrastruktur. ILUSTRASI. FOTO: Amjad/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Proses verifikasi untuk klub peserta kompetisi bakal disupport penuh oleh PSSI. Tujuannya agar klub-klub bisa mencapai perbaikan menuju klub sepak bola yang lebih profesional.

Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono menuturkan, sejauh ini pihaknya juga menganggap verifikasi untuk peserta kompetisi profesional sebagai kewajiban untuk mengukur standar klub.

"Tapi setiap negara, memiliki grade verifikasi yang berbeda-beda. Liga Spanyol, belum tentu sama dengan Liga Inggris grade-nya. Di Asia pun, belum tentu sama grade-nya," kata dia, saat ditemui Minggu (29/1).

Karena itu, dia merasa perlu untuk menggelar workshop, untuk menyamakan persepsi dan memberikan ukuran grade verifikasi bagi klub-klub yang berkompetisi di Liga Indonesia nantinya.

"Kalau klub di Indonesia, disamakan dengan grade dengan liga-liga di Eropa, nanti ada standar yang berbeda. Karena itu perlu ada langkah mendorong klub bersama-sama berkembang, tapi tidak memaksakan dan membuat klub ketakutan," tandasnya.

Dalam standar verifikasi klub profesional, ada lima aspek yang dinilai nantinya. Mulai dari legal, finansial, infrastruktur, personal-administrasi, dan aspek keolahragaan.(dkk/jpnn)


Proses verifikasi untuk klub peserta kompetisi bakal disupport penuh oleh PSSI. Tujuannya agar klub-klub bisa mencapai perbaikan menuju klub sepak


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News