PT CMS Membangun Kapal Patroli Cepat TNI AL 60 M, Laksamana Yudo Bilang Begini

PT CMS Membangun Kapal Patroli Cepat TNI AL 60 M, Laksamana Yudo Bilang Begini
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono pada acara peluncuran dan Shipnaming dua kapal PC 60 M di galangan PT. CMS Banten, Senin (21/3). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengapresiasi kemampuan PT Caputra Mitra Sejati (CMS) dalam membangun dua kapal Patroli Cepat TNI AL 60 Meter (PC-60 M) yang sebelumnya hanya memproduksi kapal PC 40 M.

Hal tersebut diungkapkan KSAL pada acara peluncuran dan Shipnaming dua kapal PC 60 M bertempat di galangan PT. CMS Banten, Senin (21/3)

Kedua kapal Patroli Cepat (PC) 60 M yang diluncurkan tersebut diberi nama KRI Dorang-874 dan KRI Bawal – 875.

Nantinya KRI Dorang - 874 akan memperkuat jajaran unsur patroli di bawah Satuan Kapal Patroli (Satrol) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Ambon.

Sedangkan KRI Bawal - 875 akan mengemban tugas jajaran unsur patroli di bawah Satrol Lantamal XIV Sorong.

Laksamana Yudo menjelaskan kapal-kapal jenis patroli merupakan kapal yang sangat dibutuhkan TNI AL,  di mana merupakan salah satu bagian dari Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) dalam mendukung tugas-tugas sebagai penegak kedaulatan dan hukum serta sebagai instansi pertahanan negara di laut.

Oleh karena itu, perlu perkuatan atau penambahan jumlah KRI dan alat utama sistem senjata (alutsista) yang menjadi benteng utama unsur-unsur penegakan hukum di laut.

Lebih lanjut, Laksamana Yudo mengungkapkan, pada awalnya pembangunan kapal patroli TNI AL di PT. CMS adalah jenis kapal PC 40 M, namun saat ini ditingkatkan menjadi kapal PC 60 M sehingga kapal ini diharapkan mampu beroperasi di Zona Ekenomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono mengapresiasi kemampuan PT Caputra Mitra Sejati (CMS) dalam membangun dua kapal Patroli Cepat TNI AL 60 Meter (PC-60 M.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News