JPNN.com

PT Foster Hengkang dari Batam, Pindahkan Pabrik ke Tilawah Myanmar

Selasa, 20 Agustus 2019 – 03:45 WIB PT Foster Hengkang dari Batam, Pindahkan Pabrik ke Tilawah Myanmar - JPNN.com

jpnn.com, BATAM - Salah satu perusahaan besar di Batam, PT Foster memutuskan memindahkan pabriknya dari Batam ke Tilawah, Myanmar. Hengkangnya perusahaan elektronik ini dikarenakan sejumlah faktor. Salah satunya disebut karena iklim investasi di Batam, Kepri, kurang kondusif.

“Ketidakpastian investasi terwujud dari regulasi pemerintah pusat yang sering menghambat kecepatan produksi. Ini salah satu penyebab sejumlah perusahaan hengkang dari Batam,” ujar Ketua Himpunan Kawasan Industri (HKI) Kepri, OK Simatupang.

BACA JUGA: Jokowi Kepada Pace, Mace, dan Mama di Papua: Saya Memahami Perasaan Kalian

Salah satu contohnya, terkait soal importasi bahan baku dan bahan penolong untuk industri, di mana prosesnya harus mengurus ke pemerintah pusat yang membutuhkan banyak waktu dan biaya.

“Iklim investasi kurang kondusif. Bagaimana mau bicara daya saing, kalau tiap tahun ribut masalah upah, sementara produktivitas kerja tidak kunjung meningkat akibat seringnya aksi demonstrasi,” katanya.

HKI sangat prihatin dengan pemindahan pabrik Foster di Batam. Padahal Foster sudah mulai buka usaha di Batam sejak Maret 1991.

“Batam ini saingannya dengan negara-negara di regional Asean seperti Vietnam, Malaysia dan lainnya,” jelasnya.

Selain di Batam lanjutnya, PT Foster juga ada di negara-negara tersebut.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...