PT Hutama Karya Garap Tiga Tol Baru di Sumsel Tahun Ini

PT Hutama Karya Garap Tiga Tol Baru di Sumsel Tahun Ini
Jalan tol. Ilustrasi Foto: JPG

jpnn.com, PALEMBANG - PT Hutama Karya berencana melanjutkan proyek pembangunan tol tahun ini setelah sukses menggarap Tol Palembang-Indralaya (Palindra).

Rencananya ada tiga tol baru yang mau dikerjakan, yakni Tol Tanjung Api-Api (TAA), Tol Simpang Inderalaya-Muara Enim, dan Tol Muara Enim-Lahat-Lubuklinggau.

Manajer Proyek PT Hutama Karya, Hasan Turcahyo, menjelaskan prioritas pertama Tol TAA. “Kita sudah lakukan studi kelayakan untuk pembangunan tol ini, bahkan analisa dampak lingkungan (amdal)-nya sudah selesai Maret 2017 lalu dan sudah ditandatangani Bupati Banyuasin kala itu,” jelasnya, Senin (28/1).

Dikatakan, pengerjaan diperkirakan butuh waktu sekitar 10 bulan. “Sekarang proses penyempurnaan daftar dokumen pembebasan tanah. Sebenarnya dokumen ini sudah selesai, tetapi ada revisi dari kementerian,” sebutnya.

Jadi kemungkinan selesai Maret atau April 2019. Pembebasan lahan sendiri akan dilakukan oleh Lembaga Manajemen Aset Negara.

“Kalau berapa besar dananya, saya tidak tahu sebab itu bukan wewenang kami,” paparnya.

Setelah itu, lanjut dia, penetapan lokasi oleh Bupati Banyuasin, sebab pembangunan tol ini melintasi kabupaten tersebut. Selebihnya, tugas kementerian meminta pemda menerbitkan dokumen.

“Ini prosesor bakunya. Kalau sudah selesai, termasuk pembebasan lahan kami siap bekerja,” cetusnya. Ditarget, pembangunan Tol TAA dimulai pertengahan 2019. Tapi target ini tergantung perencanaan dan eksekusi termasuk pembebasan lahannya.

PT Hutama Karya berencana melanjutkan proyek pembangunan tol tahun ini setelah sukses menggarap Tol Palembang-Indralaya (Palindra).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News