PT LIB Perketat Verifikasi Pelatih Asal Conmebol

PT LIB Perketat Verifikasi Pelatih Asal Conmebol
Pelatih Persebaya Surabaya Angel Alfredo Vera (tengah) saat memimpin latihan. Foto: Angger Bondan/Jawa Pos/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - PT LIB (Liga Indonesia Baru) memperketat verifikasi lisensi para pelatih. Hal ini menyikapi banyaknya pelatih asing yang masuk di Indonesia.

Terutama kepada pelatih - pelatih yang berasal dari negara negara kawasan Conmebol (Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan), terutama Brasil dan Argentina.

COO (Chief Operating Oficer) PT LIB, Tigorshalom Boboy mengatakan bahwa, para pelatih yang berasal Brasil dan Argentina, wajib meminta legalisir lisensi mereka ke AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia).

Legalisir itu bertujuan untuk memperjelas bahwa lisensi para pelatih itu sudah setara dengan yang diwajibkan bagi mereka yang berstatus pelatih kepala.

Memang, dalam regulasi kompetisi Liga 1 pasal 38, disebutkan bahwa, pelatih kepala sekurang-kurangnya bersertifikat A AFC atau yang setara yang mendapatkan pengakuan dari AFC.

"Jadi, untuk semua pelatih asing yang ada di Indonesia, harus melegalisir lisensi kepelatihan mereka ke AFC. Terutama dari Brasil dan Argentina," kata Tigorshalom.

Lantas mengapa legalisir lisensi tersebut lebih difokuskan kepada Brasil dan Argentina? Tigor menjelaskan, karena dua negara tersebut tergabung dalam Conmebol yang negara anggotanya tidak mengenal strata kepelatihan.

Sehingga, tidak bisa dibedakan mana pelatih yang sudah berlisensi level nasional atau internasional.

Para pelatih asal Brasil dan Argentina wajib meminta legalisir lisensi mereka ke AFC.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News