PT SSB dan Berau Coal Kembangkan SDM Kabupaten Berau

PT SSB dan Berau Coal Kembangkan SDM Kabupaten Berau
PT Sanggar Sarana Baja (SSB) bersama PT Berau Coal menggelar kegiatan Welding Development Program di Balai Latihan Kerja Balikpapan, Kalimatan Timur. Foto: PT SSB for JPNN.com

jpnn.com, BALIKPAPAN - PT Sanggar Sarana Baja (SSB) anak usaha ABM Investama bekerja sama dengan PT Berau Coal menggelar kegiatan Welding Development Program (WDP) 2019 di Balai Latihan Kerja Balikpapan, Kalimatan Timur, Selasa (29/10).

PT SSB bergerak dalam bidang remanufaktur komponen alat berat, serta menyediakan jasa pengelasan dan permesinan untuk industri migas, pertambangan serta transportasi.

“Kegiatan (WDP) ini adalah wujud nyata komitmen perseroan untuk melakukan transfer pengetahuan, sekaligus memberdayakan masyarakat khususnya sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Berau. Peserta Welding Development Program 2019 ini akan mendapatkan sertifikat sebagai qualified welder,” kata Direktur PT SSB Johan Budisusetija.

Johan menjelaskan, pertumbuhan permintaan terhadap tenaga kerja di bidang pengelasan yang tersertifikasi di Berau cukup tinggi. Hal ini yang menjadi salah satu pendorong perusahaan untuk melakukan kegiatan WDP.

"Dalam kegiatan ini SSB bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Balikpapan akan menyediakan trainer pengelasan dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja," ujarnya.

General Manager Corporate Social Responsilbility (CSR) PT Berau Coal Horas Parsaulian Pardede mengungkapkan, pihaknya mendukung program yang diselenggarakan. “Selain memberikan pengalaman, juga bekal pengetahuan yang pastinya akan bermanfaat bagi masyarakat Berau,” tuturnya.

Peserta WDP harus melalui serangkaian proses seleksi, termasuk tes wawancara serta medical check up. Pada tahun 2019 ini telah terjaring 16 peserta dari puluhan orang yang mendaftar untuk mendapatkan pelatihan, baik soft skill maupun technical skill yang meliputi Basic Welding (1F/1G – 3F/3G) dengan proses pengelasan SMAW, GMAW, FCAW dan Gouging. Diharapkan lulusan program ini akan menjadi kandidat welder yang memiliki kualifikasi untuk memperoleh sertifikat BNSP sehingga mempunyai kesempatan untuk membuka jasa bengkel las mandiri.

“Program ini akan kami lakukan secara berkelanjutan. Tidak hanya di bidang pengelasan, tetapi juga akan dikembangkan untuk bidang mekanik dan lainnya. Melalui berbagai kegiatan ini diharapkan semangat local people for local job dapat terwujud, dan membuat kesejahteraan masyarakat di sekitar area operasi perusahaan semakin meningkat,” ujarnya. (mg11/jpnn)

Kegiatan Welding Development Program sebagai wujud nyata komitmen PT SSB dan Berau Coal dalam mengembangkan sumber daya manusia di Kabupaten Berau.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News