PTBA Siap Akuisisi Dua Tambang

PTBA Siap Akuisisi Dua Tambang
PTBA Siap Akuisisi Dua Tambang
JAKARTA - Anjloknya harga energi termasuk batu bara, tidak menyurutkan rencana PT Batu bara Bukit Asam untuk terus melakukan ekspansi. Tahun ini, perusahaan yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode PTBA tersebut siap mengakuisisi dua tambang batu bara di Kalimantan.

     

Dirut PTBA Sukrisno mengatakan, rencana akuisisi merupakan strategi untuk meningkatkan angka produksi batu bara di 2010. "Saat ini, tim kami di Kalimantan sedang melakukan evaluasi," ujarnya di Jakarta akhir pekan lalu.

     

Menurut Sukrisno, dua perusahaan yang akan diakuisisi tersebut, salah satunya memiliki deposit batu bara di atas 100 juta ton, sedangkan perusahaan lainnya memiliki cadangan di bawah 100 juta ton. Namun, dia enggan saat ditanya nama dua perusahaan yang dimaksud. "Ini sedang negosiasi, jadi tidak boleh diomongkan," katanya.

     

Terkait pendanaan, Sukrisno mengatakan akan menggunakan kas internal. Menurut dia, hingga akhir tahun lalu, kas internal PTBA mencapai Rp 3 triliun. Dari angka tersebut, sekitar Rp 1,5 triliun di antaranya akan digunakan untuk ekspansi, termasuk mendanai akuisisi. "Apalagi, sampai saat ini PTBA tidak mempunyai utang. Jadi, soal pendanaan bukan masalah," terangnya.

     

JAKARTA - Anjloknya harga energi termasuk batu bara, tidak menyurutkan rencana PT Batu bara Bukit Asam untuk terus melakukan ekspansi. Tahun ini,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News