PTS Khawatir tak Punya Mahasiswa

PTS Khawatir tak Punya Mahasiswa
PTS Khawatir tak Punya Mahasiswa
PURWOKERTO - Pola penerimaan mahasiswa baru yang diterapkan perguruan tinggai negeri (PTN) dengan membuka banyak jalur mengkhawatirkan bagi pengelola Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Pasalnya, dengan pola itu mempengaruhi jumlah pendaftar yang masuk di PTS.

Seperti yang dikemukanan Sekretaris Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Muhamadiyah Purwokerto (UMP), Sudiro. Ia mengakui dengan banyaknya jaluk yang dibuka PTN pada PMB mengurangi jumlah pendaftar di PTS. "Bukan hanya terpengaruh, tapi sangat terpengaruh," kata Sudiro.

Sudiro mengungkapkan pandangan masyarakat yang menganggap PTN selalu lebih unggul dari PTS kurang tepat. Ia mengungkapkan ukuran kualitas bisa dilihat dari akreditasinya. Akreditasi seluruh perguruan tinggi, baik negeri ataupun swasta sama dilakukan oleh Badan Akreditasi Perguruan tinggi (BAN PT).

"Jadi pandangan masyarakat selama ini kan PTN selalu lebih baik dari PTS. Padahal kualitas ukuranya kan dari akreditasi yang dilakukan BAN PT. Negeri ataupun swasta yang terakreditasi A, maka memiliki kualitas sama," imbuh Sudiro.

PURWOKERTO - Pola penerimaan mahasiswa baru yang diterapkan perguruan tinggai negeri (PTN) dengan membuka banyak jalur mengkhawatirkan bagi pengelola

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News