PU Kebut Selesaikan Pengerjaan Jembatan Pemali

PU Kebut Selesaikan Pengerjaan Jembatan Pemali
PU Kebut Selesaikan Pengerjaan Jembatan Pemali

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) saat ini tengah mengkebut perbaikan pengerjaan jembatan Pemali, yang merupakan jembatan utama jalur Pantura- Brebes. Pengebutan pengerjaan jembatan ini lantaran tahun anggaran 2013 yang hampir mendekati batas akhir. Perbaikan itu ditargetkan rampung pada pertengahan bulan Desember 2013.

"Pengerjaan jembatan ini baru mencapai 50 persen. Kita kebut itu bukan lagi karena lebaran, tapi karena waktu anggarannya tinggal sedikit dan harus diserap," ujar Direktur Jendral Bina Marga, Djoko Murjanto saat mengelar jumpa pers di gedung PU, Jakarta, Jumat (13/12) malam.

Djoko mengatakan selama ini Pantura hanya diperhatikan menjelang lebaran saja. Padahal kata Djoko, sepanjang tahun ada paket pekerjaan yang dilakukan apakah itu pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala, atau rekonstruksi.

"Kalau untuk pembangunan jalan baru sendiri hampir dipastikan enggak ada. Masyarakat juga sering menganggap ini adalah proyek abadi. Kenyataannya, memang setiap tahunnya selalu ada anggaran untuk perawatan jalan di Pantura," akunya.

September 2013, Kementerian PU juga direncakanan mulai merubah total jembatan Pemali dengan konstruksi lantai beton. Sebelumnya, jembatan ini hanya menggunakan kontruksi autotropik dengan lantai pelat besi.

Perubahan total ini dilakukan lantaran hampir tiap waktu jembatan Pemali cepat rusak, terutama lantainya. Konstruksi autotropik ini ditengarai selalu rusak lantaran kelenturannya yang terlalu tinggi serta beban kendaraan yang terlalu berat. (chi/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) saat ini tengah mengkebut perbaikan pengerjaan jembatan Pemali, yang merupakan jembatan utama jalur Pantura-


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News