Puan Bahas Isu Perdamaian Ukraina-Rusia, Singgung Soal Pemulihan Ekonomi

Puan Bahas Isu Perdamaian Ukraina-Rusia, Singgung Soal Pemulihan Ekonomi
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: Ricardo/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani membahas isu perdamaian Ukraina dengan Rusia, ketika bertemu ketua parlemen dari negara beribu kota Kiev Olena Kondratiuk. 

Politikus PDIP itu bertemu Olena jelang pembukaan the 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit (P20) di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/10). 

“Perang di Ukraina telah memengaruhi upaya semua pihak memulihkan perekonomian setelah pandemi Covid-19, karenanya proses perdamaian menjadi prioritas utama Indonesia,” ucap Puan dalam keterangan persnya, Rabu (5/10). 

Cucu Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno itu mengatakan Indonesia sebenarnya sudah berupaya maksimal agar konflik Ukraina-Rusia bisa selesai. 

Terbukti, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) langsung menyambangi dua negara demi menurunkan tensi perang yang berkecamuk. 

"Dilakukan untuk membawa pesan perdamaian," imbuh perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Puan di sisi lain menyebut Indonesia menyambut positif dimulainya kembali ekspor biji-bijian dari Ukraina di bawah the Black Sea Initiative. 

Perjanjian itu memainkan peran penting dalam mengurangi dampak perang terhadap rantai pasokan global.

Puan Maharani membahas isu perdamaian Ukraina dengan Rusia ketika bertemu ketua parlemen dari negara beribu kota Kiev Olena Kondratiuk. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News