Bertemu Olena Kondratiuk, Puan Dorong Perdamaian Antara Rusia-Ukraina

Bertemu Olena Kondratiuk, Puan Dorong Perdamaian Antara Rusia-Ukraina
Ketua DPR RI Puan Maharani Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA PUSAT - Ketua DPR RI Puan Maharani melakukan pertemuan bilateral dengan Chairman of the Verkhovna Rada of Ukraine, Olena Kondratiuk di pembukaan the 8th G20 Parliamentary Speakers’ Summit (P20) di Gedung Perlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/10).

Dalam pertemuan tersebut, Puan mendorong agar terciptanya perdamaian antara Ukraina-Rusia yang hingga kini masih berperang.

Wanita 49 tahun itu mengatakan keprihatinan atas terjadinya perang di Ukraina yang menimbulkan banyak korban jiwa dan berdampak bagi keadaan global di dunia.

“Langkah konkrit kami untuk membantu komunikasi antar Parlemen dalam penyelesaian perang di Ukraina,” kata Puan.

Proklamator RI Bung Karno itu mengapresiasi hubungan bilateral Indonesia-Ukraina yang sudah terjalin selama 30 tahun tetap berjalan hangat meskipun di tengah situasi tidak pasti karena perang.

Indonesia, lanjutnya, merupakan salah satu mitra dagang terbesar Ukraina di Asia Tenggara.

“Saya memahami perang di Ukraina mempengaruhi upaya kami semua memulihkan perekonomian pascapandemi Covid-19,” ucap ibu dua anak itu.

Menurut dia, kunjungan Presiden Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia pada Juni lalu dilakukan untuk membawa pesan perdamaian.

Kunjungan tersebut, ungkap dia, juga mempromosikan safe passage untuk pangan dan pupuk dari Ukraina dan Rusia.

Ketua DPR RI Puan Maharani melakukan pertemuan bilateral dengan Chairman of the Verkhovna Rada of Ukraine, Olena Kondratiuk di di Gedung Perlemen, Senayan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News