Puan Pastikan Diberlakukan Darurat ISPU 24 Jam

Puan Pastikan Diberlakukan Darurat ISPU 24 Jam
Tebalnya asap di Kalimantan dan Sumatera membuat kualitas udara tak sehat/ foto: radar sampit

jpnn.com - JAKARTA- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan, hari ini Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di beberapa provinsi sudah mencapai tingkat bahaya untuk kondisi kesehatan. Karenanya, kata Puan, saat ini diberlakukan darurat ISPU 24 jam.

“Sudah dilakukan darurat ISPU 24 jam di mana semua provinsi harus alert atau memberikan perhatian dan pemberitahuan pada masyarakat yang ada di wilayahnya yang terkena dampak asap,” ujar Puan di kantor presiden, Jakarta, Jumat (23/10).

Menurut putri Megawati Soekarnoputri itu, daerah yang ISPU-nya sangat tinggi untuk saat ini adalah Kalimantan Tengah dan Sumatera Selatan dengan nilai 300.

“Menurut nilai kesehatan ISPU 300 itu sudah tidak sehat bahkan berbahaya bagi kondisi manusia,” imbuhnya.

Untuk mengantisipasi itu, mantan anggota DPR itu mengaku, pemerintah telah memobilisasi banyak bantuan. Kamis kemarin, pemerintah mengirimkan bantuan 33,8 ton berupa obat, masker dan bantuan alat kesehatan lainnya untuk korban kabut asap. (flo/jpnn)


JAKARTA- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan, hari ini Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News