Puan Sarankan Atlet Pelatnas Juga Rajin Minum Jamu

Puan Sarankan Atlet Pelatnas Juga Rajin Minum Jamu
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani bersama Menpora Imam Nahrawi, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga saat mengkampanyekan minum jamu di hadapan para atlet Pelatnas untuk SEA Games di Kemenpora, Jumat (6/2). Foto: istimewa

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani terus melanjutkan safarinya ke kementerian-kementerian untuk mengkampanyekan jamu. Setelah dua pekan silam meluncurkan gerakan “Bugar Dengan Jamu” atau yang disingkat “Bude Jamu” di Kementerian Kesehatan, hari ini (6/2) giliran Puan mengkampanyekan jamu di Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Acara itu dihadiri pula oleh para atlet yang tengah digembleng Pelatnas untuk membela nama Indonesia di ajang SEA Games ke-28 di Singapura. Bersama Menpora Imam Nahrawi, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dan Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi, Puan mengingatkan tentang upaya pemerintah membentuk rakyat yang sehat jasmani dan rohani.

Puan mengatakan, pihaknya akan terus mengkampanyekan tradisi minum jamu terutama ke kalangan muda. "Ini sudah jadi kesekian kalinya dilakukan oleh Kabinet Kerja supaya sehat jasmani dan rohani. Ini anak-anak muda yang punya masa depan," katanya.

Menurutnya, para atlet Indonesia sebaiknya juga minum jamu. Alasannya, kebugaran tubuh sangat penting untuk bisa berlaga di ajang olahraga, terlabih lagi saat harus membela nama negara.

Karenanya, Puan juga menyelipkan pesan agar para atlet rajin mengongsumsi jahe. “Dengan minum jahe membuat badan tetap hangat. Bagi para atlet, tubuh yang berkeringat setelah berolahraga, bila minum jahe ini bakal mengalami dan buat tubuh hangat,” pintanya.

Karenanya ia juga sangat berharap para atlet SEA Games bisa benar-benar membawa harum nama Indonesia di mancanegara. “Yang terpenting adalah kibarkan Merah Putih di mana pun anda berada," pintanya.

Sedangkan Menpora Imam Nahrawi menambahkan, pihaknya sudah memperkenalkan  slogan “Jamu yes, Miras No” demi mengkampanyekan tradisi warisan nusantara itu. Selogan itu sengaja digaungkan ke kalangan muda dan atlet.

“Mengkampanyekan tradisi minum jamu ini juga untuk meredam berkembangnya tradisi buruk di masyarakat terutama di kalangan muda yang di antaranya seperti miras dan narkotika,” ucapnya.(rmo/jpnn)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani terus melanjutkan safarinya ke kementerian-kementerian untuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News