Puasa Ramadan Bisa Turunkan Berat Badan, Begini Caranya, Mudah Banget

Puasa Ramadan Bisa Turunkan Berat Badan, Begini Caranya, Mudah Banget
Puasa ramadan rupanya bisa menurunkan berat badan seseorang jika dilakukan secara rutin dan benar. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Puasa ramadan rupanya bisa menurunkan berat badan seseorang jika dilakukan secara rutin dan benar.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Guru Besar Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS.

Dia mengatakan menurunkan berat badan selama Ramadan bisa melakukan kegiatan olahraga sederhana. Semisal lari kecil atau berjalan.

"Mereka bisa memilih olahraga kardio sederhana, misalnya kombinasi jogging dengan lari kecil, berjalan, olahraga intensitas tinggi dan aerobic," kata dia seperti dikutip dari Antara, Jumat (24/3).

Sementara bila pembakaran lemak juga ingin disertai pembentukan otot, Hardinsyah menyarankan penambahan aktivitas angkat beban dan olahraga lain.

Meski tetap dianjurkan saat berpuasa, intensitas olahraga juga perlu diperhatikan.

Dia mencontohkan, bila seseorang terbiasa berolahraga selama 40 menit dalam sehari, maka selama bulan puasa dianjurkan sekitar 20 menit.

Selain berolahraga selama bulan Ramadan, Hardinsyah juga mengingatkan masyarakat untuk banyak mengonsumsi air dan buahan-buahan selama Ramadan.

Puasa ramadan rupanya bisa menurunkan berat badan seseorang jika dilakukan secara rutin dan benar. Begini caranya. Silakan disimak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News