Publik Inginkan Perubahan, Akademisi: Wajar AMIN Menangkan Pilpres

Publik Inginkan Perubahan, Akademisi: Wajar AMIN Menangkan Pilpres
Capres dan Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Starpoll yang memperlihatkan potensi kemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) pada pilpres dua putaran mengonfirmasi realita yang terekam di media sosial tentang respons dan harapan masyarakat kepada AMIN.

Juga mengkonfirmasi perubahan alasan memilih Presiden dan Wakil Presiden pada Pilpres 2024 ini.

Survei tersebut sesuai dengan harapan para pendukung AMIN.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dr. Robi Nurhadi, akademisi senior dari Universitas Nasional (Unas) Jakarta, Kamis (4/1).

Potensi kemenangan AMIN tersebut didukung oleh temuan menarik tentang adanya lima ranking teratas alasan pemilih Pilpres 2024, yaitu figur merakyat 17,9%, figur tegas berwibawa 17,6%, visinya bagus 15,1%, agamanya kuat 11,7%, dan kerjanya bagus 9,1%.

“Temuan ini mempengaruhi para pemilih Ganjar-Mahfud yang diasumsikan kalah pada putaran pertama, suaranya beralih ke AMIN. Juga suara-suara pemilih yang masih belum menentukan pilihan dengan kisaran 12 persen,” ujar Robi.

Dengan meningkatnya kualitas alasan pemilih dalam Pilpres 2024 ini, ujar Robi, potensi AMIN menang di DIY yang menurut survei tersebut masih imbang antara AMIN dan Prabowo-Gibran pada angka sama-sama 35%.

Sementara itu, pemilih Jawa Barat yang relatif kental keberagamaannya, juga berpotensi untuk berubah skor untuk kemenangan AMIN.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dr. Robi Nurhadi, akademisi senior dari Universitas Nasional (Unas) Jakarta, Kamis (4/1)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News