Publik Inginkan Ryamizard Pendamping Jokowi

Publik Inginkan Ryamizard Pendamping Jokowi
Publik Inginkan Ryamizard Pendamping Jokowi

jpnn.com - JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia Survey Center (ISC) merilis hasil survei mengenai tokoh yang paling diinginkan publik untuk bersanding dengan calon presiden (capres) Joko Widodo alias Jokowi.

Menurut survei ISC,  mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Ryamizard Ryacudu dinilai sebagai sosok paling tepat untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Jokowi.

Direktur Eksekutif ISC Andry Kurniawan menjelaskan, sebanyak 21,5 persen responden memilih Ryamizard. Selanjutnya disusul oleh Jusuf Kalla (19,1 persen,), Mahfud MD (14,3 persen),  Ahok (12,9 persen), Puan Maharani (10,6 persen), dan Agus Martowardojo (8,4 persen).

Sedangkan responden yang menjawab tidak tahu ada sebanyak 13,2 persen.

"Ryamizard Ryacudu adalah figur dari militer yang oleh publik dinilai pas sebagai cawapres pendamping Jokowi," kata Andry melalui keterangan persnya, Rabu (30/4).

Andry mengatakan, hasil surveinya juga menunjukkan bahwa perpaduan capres dengan latar belakang sipil-Jawa/militer dengan cawapres militer/luar Jawa atau sebaliknya masih diminati masyarakat. Hal ini menandakan bahwa dikotomi sipil-militer masih tertanam kuat di benak pemilih.

Sebanyak 47,3 persen responden survei ISC memilih sosok dari kalangan militer sebagai cawapres pendamping Jokowi. Cawapres dari kalangan birokrat 23,7 persen, kalangan pengusaha 18,2 persen, dari eksternal PDIP 15,1 persen, dan dari internal PDIP 9,3 persen.

"Hal ini mengindikasikan bahwa dwitunggal sipil-militer dianggap akan bisa meningkatkan elektabilitas bagi pasangan tersebut," papar Andry.

JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia Survey Center (ISC) merilis hasil survei mengenai tokoh yang paling diinginkan publik untuk bersanding dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News