Publikasi Kekejian Serdadu AS di Afghanistan

Publikasi Kekejian Serdadu AS di Afghanistan
Publikasi Kekejian Serdadu AS di Afghanistan
BERLIN - Aksi tak terpuji serdadu Negeri Paman Sam kembali memantik reaksi keras dunia. Kemarin (21/3), mingguan berita Jerman Der Spiegel memublikasikan foto Prajurit Andrew Holmes dan Kopral Jeremy Morlock yang berpose dengan mayat warga sipil Afghanistan. Washington pun langsung menuai kecaman.

Dalam foto bertanggal 15 Januari 2010 itu, Holmes terlihat mengangkat kepala seorang mayat yang tengkurap dan hanya mengenakan kaus berwarna merah. Tubuh bagian bawah mayat yang lantas diidentifikasi sebagai Gul Mudin itu telanjang. Tapi, ada semacam kain mirip celana yang diletakkan di atas pantat Mudin. Pose senada diperlihatkan Morlock dalam foto berbeda yang juga dijepret pada 15 Januari 2010.

Der Spiegel mengidentifikasi Holmes dan Morlock sebagai anggota Kill Team (Tim Pembunuh) Amerika Serikat (AS). Tahun lalu, kabar soal tim pembunuh warga sipil itu beredar luas. Konon, sekelompok serdadu AS yang bertugas di Afghanistan itu sengaja menarget warga sipil tak bersenjata sebagai korban. Setelah membunuh target, tim tersebut biasanya lantas memotret para korbannya dalam berbagai pose.

"(Der) Spiegel hanya memublikasikan tiga dari sekitar 4.000 foto dan rekaman video (soal perilaku keji serdadu AS). Itupun hanya yang terkait dengan berita kami," tulis mingguan terbitan Kota Hamburg tersebut, sebagaimana dilansir Agence France-Presse. Konon, media berbahasa Jerman itu sempat menerima tekanan dari militer AS ketika hendak memublikasikan foto Holmes dan Morlock.

BERLIN - Aksi tak terpuji serdadu Negeri Paman Sam kembali memantik reaksi keras dunia. Kemarin (21/3), mingguan berita Jerman Der Spiegel memublikasikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News