Pulau Sebaru Siap Digunakan Observasi WNI dari Kapal World Dream

Pulau Sebaru Siap Digunakan Observasi WNI dari Kapal World Dream
KRI dr Soeharso milik TNI AL berada di dekat Kapal World Dream saat evakuasi WNI awak kapal di Selat Durian Kepulauan Riau, Rabu (26/2). Foto: Humas BNPB

jpnn.com, JAKARTA - Persiapan fasilitas observasi virus Corona bagi WNI dari kapal pesiar World Dream, di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, mencapai 85 persen.

Hal ini diketahui dari hasil kunjungan lapangan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kemenkes, Panglima TNI dan Kapolri ke lokasi pada Kamis (27/2).

Pada kesempatan itu, Panglima TNI Hadi Tjahjanto meminta agar proses persiapan dituntaskan pada Jumat (28/2) sebelum pukul 08.00 WIB, sesuai perkiraaan KRI dr. Soeharso yang membawa WNI dari titik temu (rendesvouz) kapal pesiar World Dream di Kepuauan Riau, akan tiba di Pulau Sebaru.

“Kesiapan sudah 85 persen. Tinggal melengkapi fasilitas pendukung yang lain” kata Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Proses persiapan kelengkapan baik dari fasilitas, personel serta alutsista untuk menyambut peserta observasi tersebut tergolong cepat.

Seluruh kelengkapan tersebut dikirim dari Jakarta pada Rabu (26/2) sore menggunakan KRI Banda Aceh dan dibongkar di perairan Sebaru pada Kamis (27/2) dini hari.

Kemudian, setelah mendarat di Pulau Sebaru, tim segera melakukan pengerjaan persiapan kelengkapan fasilitas tersebut. Sebelumnya, BNPB melalui Direktur Pengelolaan Logistik, Rustian memastikan bahwa fasilitas disiapkan untuk observasi WNI “jilid 2” ini lebih bagus dari yang sudah pernah dilakukan di Natuna pada akhir Januari 2020 lalu.

"Pulau Sebaru ini adalah rumah. Jadi ada kamar-kamarmya bagus, fasilitasnya sudah lengkap dan jauh lebih bagus dari Natuna sebelumnya. Diestimasikan dapat menampung sekitar 200 orang,” kata Rustian.

Sebanyak 760 petugas dari TNI, BNPB, dan tim kesehatan dari Kemenkes disiagakan di Pulau Sebaru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News