Puluhan Petani Jalan Kaki Dari Jambi ke Istana Negara

Puluhan Petani Jalan Kaki Dari Jambi ke Istana Negara
Puluhan Petani Jalan Kaki Dari Jambi ke Istana Negara
PALEMBANG--Sekitar 38 petani Jambi dari tiga desa yakni Kunang Jaya II (Batanghari), Mekar Jaya (Sarolangun) dan Suku Anak Dalam yang melakukan aksi jalan kaki 1.000 km ke Jakarta, Rabu (19/12) sampai ke Palembang. Kondisi para petani yang sudah berjalan sejak 12 Desember lalu ini sendiri, sudah mulai lemah.

Namun, meski terlihat lelah para petani ini tetap semangat untuk melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki ke Jakarta.

"Dari 60 orang, sekarang tersisa 38 orang. Selain logistik teman-teman sudah mulai kelelahan. Kita ingin melakukan percepatan jalan semakin cepat semakin baik mengingat kondisi stamina yang mulai turun," ujar Ketua Komite Pimpinan Pusat Sertifikat Tani Nasional, Yoris Sindhu Sunarjan, Rabu (19/12) saat istirahat di depan  Kantor Denpomdan II Sriwijaya.

Ia mengaku, pihaknya melakukan aksi jalan kaki 1000 km dari Jambi ke Istana Negara untuk menuntut tanah rakyat.  Ada tiga poin yang dituntut para petani ini. Yakni soal pengakuan pasal 33 tahun 1945, kemudian pelaksanaan UU pokok agraria No.5 tahun 1960, penyelesaian konflik petani Jambi mengembalikan tanah milik petani, dan copot Menteri Kehutanan.

Dia menjelaskan, di Jambi ada sekitar 6.200 jiwa petani dari tiga kampung tersebut yang menjadi korban perampasan tanah oleh perusahaan besar. Diantaranya, PT Asitic Persada (Malaysia), PT Restorasi Ekosistem Indonesia (Inggris), PT Agronusa Alam Sejahtera dan PT Wanakasita Nusantara.

PALEMBANG--Sekitar 38 petani Jambi dari tiga desa yakni Kunang Jaya II (Batanghari), Mekar Jaya (Sarolangun) dan Suku Anak Dalam yang melakukan aksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News