Puluhan Rumah Rusak Dihantam Banjir Bandang

Puluhan Rumah Rusak Dihantam Banjir Bandang
Puluhan Rumah Rusak Dihantam Banjir Bandang
SIGI – Desa Pakuli, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, sekitar pukul 19.00 wita dihantam banjir bandang. Puluhan rumah warga yang berada di Dusun III Rakuta sebagai pusat banjir, mengalami kerusakan karena terendam lumpur dan dihantam air bah, termasuk dua gereja.

Penyebab banjir akibat meluapnya Sungai Rakuta. Sebelum banjir, hujan deras mengguyur sejak sore hari. Lantaran tidak mampu menampung debit air, sungai yang sehari-harinya debit airnya setinggi mata kaki orang dewasa akhirnya meluap dan menghantam pemukiman warga. Batangan kayu yang merupakan sisa tebangan hanyut terbawa arus sungai. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

“Setelah hujan reda, kami mendengar seperti suara helikopter yang berasal dari atas gunung. Suara gemuruh itu sangat kuat. Seluruh warga diimbau keluar dari dalam rumah dan mengungsi ke tempat yang aman,’’ kata Jefry, warga Dusun Rakuta.

Karena hari sudah gelap, yang pertama diungsikan adalah anak-anak. Warga dan orangtua diminta memperhatikan anak-anaknya jangan sampai ada yang ketinggalan di dalam rumah. Setelah itu, barulah warga menyelamatkan barang-barang berharga dalam rumahnya masing-masing.

SIGI – Desa Pakuli, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, sekitar pukul 19.00 wita dihantam banjir bandang. Puluhan rumah warga yang berada di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News